Home » » Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

THE INDONESIANA CENTER - KONSULTAN KULIAH KE LUAR NEGERI
TIMUR TENGAH, EROPA, AMERIKA, AUSTRALIA & ASIA TIMUR
HOTLINE : +62 823-3211-1640 / +62 857-1556-4186
E-MAIL : info.indonesianacenter@gmail.com
 
Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center


International Islamic University Islamabad (IIUI) didirikan di Islamabad pada 01 Muharram 1401 H bertepatan dengan 11 November 1980 M. Dalam bahasa Pakistan disebut Baina el-Aqwam Islami University atau Universitas Antar Bangsa.Bermula dari pembangunan Faisal Mosque seluas 189.705 meter persegi dan asrama Kuwait hostel yang terletak di kaki bukit Marghala tidak jauh dari Faishal Mosque dan terus berkembang dengan membangun kampus baru di Sector H-10 Islamabad dengan luas puluan hektar.

Universitas ini di bangun atas aspirasi dan hasrat negara-negara Muslim di mana program pendidikannya di awal universitas ini dibangun lebih diprioritaskan pada Islamic Studies (ushuluddin). Namun seiring dengan perkembangan zaman IIUI mulai melebarkan sayap dan membuka beberapa fakultas umum. Dalam sistem pendidikan dan pengajaran, IIUI menjadikan Bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa pengantar dalam perkuliahan.

A. Fakultas dan Program jurusan

  • Islamic Studies. Pilihan Jurusan; Aqidah dan Filsafat, Tafsir, Hadits, Perbandingan Agama, Dakwah, tarikh.
  • Economics. Pilihan Jurusan; Economics, Islamic Economics, Islamic Banking and Finance.
  • Management Sciences. Pilihan Jurusan: Marketing, Business Administration.
  • Shariah and Law. Pilihan Jurusan; Shariah Islamiyah, Shariah and Law, Islamic Commercial Law, International Law, Ushul Fiqh.
  • Social Sciences. Pilihan Jurusan; Politics and International Relation, Management of Education, Historical Studies.
  • Language and Literature. Pilihan Jurusan; English, Arabic, Persian.
  • Technology and Applied Sciences. Pilihan Jurusan; Computer Science, Software Engineering.
  • Bahasa Arab. Pilihan Jurusan; Translation dan Bahasa Arab.
B. Biaya Perkuliahan

Biaya kuliah di IIUI sekarang ini sedikit lebih mahal dibandingkan beberapa tahun sebelumnya, hal ini dikarenakan Universitas ini sekarang berada di bawah naungan langsung pemerintah Pakistan yang sebelumnya dipegang oleh OKI, tapi jika dihitung-hitung biaya di sini lebih murah dibandingkan dengan IIU Malaysia. Untuk lebih detailnya, biaya perkuliahan bisa dilihat di link berikut http://www.iiu.edu.pk/index.php?page_id=299

Sedangkan untuk makan sehari-hari, mahasiswa bisa memasak sendiri di dapur yang tersedia di asrama atau makan di dapur umum (Mess) yang ada di setiap asrama dengan menu masakan Pakistan. Pembayaran Mess dihitung sesuai jumlah makanan yang di komsumsi setiap bulan.

C. Keunggulan kuliah di IIUI

Diantara Keunggulan kuliah di IIUI adalah: Menggabungkan system Klasik dan modern dengan kurikulum yang terakreditasi secara international. Mengunakan bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa pengantar materi perkuliahan. Universitas pertama di Pakistan yang kurikulumnya mengajarkan bidang studi Islam, sains dan manajemen.

Memiliki perpustakaan induk yang mengoleksi puluhan ribu eksemplar kitab dan buku, ditambah pula dengan perpustakaan digital yang dapat di download kapan saja, IIUI juga mulai membangun perpustakaan induk kedua agar mahasiswa dan mahasiswi tidak bergantian menggunakan perpustakaan. Selain itu, IIUI juga berkolaborasi dengan universitas-universitas asing ternama, dan banyak diminati pelajar asing dari berbagai Negara.

IIUI lebih menekankan Studi-studinya pada bidang penelitian atau research. Letak kampus yang kondusif untuk belajar mengajar dengan fasilitas lengkap, diantaranya akses internet cuma-cuma baik di kampus maupun di asrama. Bagi mahasiswa asing juga disediakan fasilitas asrama di new campus dan old campus.

IIUI juga menyediakan medical centre (Balai Pengobatan) yang melayani pengobatan mahasiswa. Tersedia juga sarana transportasi bagi mahasiswa berupa puluhan bus ke beberapa daerah di sekitar Islamabad dengan waktu yang telah ditentukan. Keunggulan lain kuliah di IIUI adalah terpisahnya kegiatan perkuliahan, transportasi, dan asrama antara mahasiswa dan mahasiswi.

D. Syarat Pendaftaran
Dokumen yang dipersiapkan untuk pendaftaran:

  • Paspor.
  • Ijazah SD, SLTP, SLTA yang sudah diterjemahkan ke bahasa Inggris.(terjemahan tersumpah)
  • Foto Background biru.
  • Rekomendasi dari Departemen agaman (DEPAG) setempat.
  • Biaya Administrasi.
  • Mengisi Biodata Sebagai berikut : Nama, Tempat tanggal lahir, Riwayat Sekolah (dari SD), Alamat rumah dan nomor telepon, Nama dan pekerjaan orang tua, Fakultas dan jurusan yang di pilih (Harus pasti, karena tidak mudah untuk berpindah fakultas setelah berkas di daftarkan).
Setelah anda mengirim dokumen. Anda harus menunggu tiga surat berikut untuk bisa mendapatkan visa study dan kemudian berangkat ke Pakistan :
  • Admission letter yang dikeluarkan oleh IIUI.
  • Surat dari HEC (High Education commition) dari departemen pendidikan Pakistan.
  • NOC/ Calling Visa dari kementrian dalam negeri Pakistan.
Surat pertama dan kedua akan keluar dua sampai empat minggu setelah pendaftaran bila tidak ada perubahan kebijakan. Sedangkan untuk NOC (calling visa), calon mahasiswa harus mengajukan permohonan (aplikasi) dahulu ke kedutaan pakistan di Jakarta dengan membawa dokumen berikut:
  • Admission letter dari IIUI.
  • HEC.
  • Ijazah asli dan terjemahannya.
  • Foto (ukuran paspor).
  • Copy passport.
  • Foreign student information sheet.
  • Surat kelakuan baik kepolisian.
Semua dokumen tersebut dicopy 2 sampai 5 copy tergantung permintaan petugas, kemudian diserahkan kepada petugas. Untuk memastikan kapan NOC akan dikeluarkan, calon mahasiswa bisa bertanya kepada petugas.

Ketika semua persyaratan telah dipenuhi, Insya Allah anda semua akan diterima di IIUI, tapi keberangkatan tergantung dengan keluarnya surat NOC dari ministry of interior yang paling cepat keluar dalam waktu 3 bulan setelah anda mengajukan NOC (calling visa) di embassy Pakistan jakarta, atau terlambat sampai 6 bulan bahkan 1 tahun, atau kemungkinan paling tidak diinginkan anda tidak jadi berangkat karena tidak adanya kejelasan keluarnya NOC. -Wal iyadzubillah

Untuk menghilangkan kebosanan menunggu keluarnya NOC, anda bisa memanfaatkanya untuk belajar Bahasa Inggris atau Arab, bisa juga digunakan untuk Tahfidzul Quran. Akan tapi yang cukup penting sebagai bekal anda di Pakistan ialah bahasa inggris, mengingat bahasa nasional kedua setelah urdu dan bahasa perkantoran ialah bahasa inggris. Dan tidak lupa untuk terus berdo’a mengharap yang terbaik.

Setelah anda mendapat NOC maka anda harus kembali ke Kedutaan Pakistan di jakarta untuk mengajukan visa study. Biasanya jika anda memasukkan dokumen pada siang hari anda akan diminta untuk datang mengambil visa sore hari.

E. Sistem Perkuliahan

Bagi calon mahasiswa asing yang ingin melanjutkan studi S1, mereka harus melalui tes bahasa arab dan inggris terlebih dahulu sebelum memulai kuliah. Hasil tes akan membagi calon mahasiswa dengan tiga tingkatan: elementary (ibtida’i), intermediate (mutawasith), dan advance (mutaqodim). Dengan durasi belajar satu semester di setiap tingkatan. Hanya yang lulus tes bahasa yang bisa langsung mengikuti kuliah.

Bagi calon mahasiswa yang ingin ke program S2 dan S3 dari luar IIUI tidak perlu mengikuti tes masuk dan bahasa, melainkan cukup dengan mendapatkan materi tambahan (tamhidi). Dengan perincian: Usuluddin Sebanyak 12 Materi (dua semester), Syari'ah and Law 12 materi (dua semester), Ekonomi 20 materi (empat semester). Selain itu mahasiswa S2 juga diharuskan untuk mengikuti ujian NTS (National Test Service), sebagai kebijakan dari HEC Pakistan (Dep. Dik pakistan).

Terdapat tiga semester dalam satu tahun di IIUI, yakni Fall Term (semester musim gugur) terhitung mulai tanggal 1 September hingga 15 januari, Spring Term (semester musim semi) terhitung mulai tanggal 1 Februari hingga 15 Juni, dan Summer Course (semester pendek musim panas) yang terhitung mulai 25 Juni hingga 25 Agustus.

IIUI mengadakan dua kali ujian dalam satu semester, ujian pertengahan semester (Mid-Term)dengan nilai 30% dan ujian akhir semester (Final-Exam) dengan nilai 70%. Sebagian dosen biasanya memberikan tugas bahts (paper) yang harus diserahkan sebelum ujian akhir semester dimulai. Dalam pemberian hasil ujian akhir semester, IIUI memberikan sistem kredit basis dengan variabel penilaian sebagai berikut:

Nilai A = 80% dari (4.0)
Nilai B+ = 75%-79.5% (3.5)
Nilai B = 70%-74.5% (3.0)
Nilai C+ = 65%-69.5% (2.5)
Nilai C = 60%-64.5% (2.0)
Nilai D+ = 55%-59.5% (1.5)
Nilai D = 50%-54.5% (1.0)
Fail F = di bawah 50% (0.0)
Kebijakan baru sejak tahun 2008 bahwa nilai D dan D+ adalah equal to F

Adapun nilai rata-rata/GPA (Grade Point Average) atau di Indonesia dikenal dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK), dihitung pada tiap akhir semester sesuai dengan variable penilaian di atas, dengan perincian sebagai berikut:

Program S1:

  • Nilai IPK minimal bagi mahasiswa S1 adalah 1.5, bagi mahasiswa yang pada semester pertama memperoleh IPK di bawah 1.5 diberi kesempatan sampai semester ke-3, apabila ia tidak bisa meningkatkan IPK nya, maka ia dinyatakan DO (drop-out) dari Universitas.
  • Mahasiswa yang pada semester pertama memperoleh IPK dibawah 1.5 dia harus menaikan IPKnya minimal 1.7 pada semester kedua, kalau tidak ia di DO dari Universitas.
Program S2 :

  • Nilai IPK minimal bagi mahasiswa S2 adalah 2.5. Mahasiswa yang pada semester pertama memperoleh IPK di bawah 2.5 diberi kesempatan 2 semester untuk meningkatkan IPK nya, apabila tidak bisa, maka ia dinyatakan DO dari Universitas.
  • Mahasiswa S2 tidak dapat menulis thesis jika IPK nya di bawah 2.5.
F. Tantangan kuliah di IIUI

a. Tidak ada kepastian kapan NOC akan dikeluarkan.
Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwa keberangkatan anda akan tergantung dengan adanya surat NOC (calling visa) dari ministry of interior Pakistan. Masalahnya adalah tidak adanya kepastian waktu kapan surat tersebut akan dikeluarkan. Ada calon mahasiswa yang mendapatkan dalam 3 bulan, 6 bulan, bahkan ada yang menunggu hingga satu tahun lamanya. Akibatnya, ada sebagian calon mahasiswa yang mengundurkan diri karena ketidakpastian ini.

b. Manajemen kampus yang kurang teratur.
Orang Pakistan adalah termasuk orang yang sangat ramah dalam memuliakan tamu. Tetapi hal ini tidak berlaku dalam manajemen kampus, misalnya ketika mengurus pendaftaran mahasiswa baru, mereka harus betul-betul menguras tenaga karena manajemen kampus yang kurang profesional.

c. Pemadaman listrik bergilir.
Pakistan dengan berbagai keindahan alamnya memang tidak bisa untuk dilewatkan. Adanya empat musim dalam satu tahun selalu memberikan kesan tersendiri bagi mahasiswa, baik bagi mereka yang tinggal di asrama ataupun non-asrama. Dengan suhu di puncak musim panas yang bisa mencapai 48-50 derajat C di siang hari, tentunya listrik begitu berharga untuk menghidupkan sepasang kipas angin dalam kamar. Lalu bagaimana jadinya jika tiba-tiba listrik padam dan udara panas begitu terasa ??

d. Minimnya beasiswa.
Mahasiswa tentunya menginginkan beasiswa baik itu beasiswa penuh atau tidak, sehingga mahasiswa hanya memfokuskan diri untuk belajar tanpa memikirkan uang buku, kuliah, dan biaya kehidupan sehari-hari. Walhasil minimnya beasiswa di IIUI, sebagian mahasiswa harus rela membagi waktu untuk belajar dan mengembangkan potensi serta bakat terpendam mereka agar bisa tetap belajar di Pakistan.

e. Sebagian dosen yang menggunakan bahasa lokal dalam perkuliahan.
Menjadi sebuah hal yang wajar jika mahasiswa paling banyak di IIUI adalah orang pakistan karena letak universitas di negeri ini. Maka, terkadang jika ada hal yang tidak difahami oleh mahasiswa pakistan, sebagian dosen pakistan akan menjelaskan dalam bahasa urdu. Sehingga mahasiswa asing hanya bisa menjadi penonton. Tetapi hal ini bukanlah masalah serius bagi anda yang ingin mempelajari bahasa lokal.

Kelima hal di atas adalah hal-hal yang sering dikeluhkan oleh sebagian mahasiswa Indonesia di IIUI. Semoga hal tersebut bisa benar-benar menjadi pertimbangan bagi anda yang ingin melanjutkan kuliah di IIU Islamabad, Pakistan.

Demikian sedikit gambaran yang bisa kami berikan tentang perkuliahan di Pakistan, khususnya di International Islamic University (IIU) Islamabad. Semoga informasi yang sedikit ini dapat bermanfaat dan cukup untuk menjawab pertanyaan seputar kuliah di IIUI Pakistan. Informasi terupdate dan lebih lengkap bisa dilihat di website resmi kampus dengan alamat berikut: http://www.iiu.edu.pk/


Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

Mediator Lembaga Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah ke Pakistan (International Islamic University Islamabad) - Timur Tengah - Indonesiana Center

##########


BIMBINGAN BELAJAR KE TIMUR TENGAH : Lebanon - Maroko - Mesir - Pakistan - Sudan - Qatar - Saudia Arabia - Tunisia - Suriah - Yaman UMROH & HAJI PLUS : Umroh Reguler - Umroh Plus - Haji Plus Furodah TOUR INTERNASIONAL : ASEAN (Singapura / Kuala Lumpur / Bangkok) - Timur Tengah (Turki - Mesir) - Eropa Barat - Amerika - Asia Timur (Cina / Hongkong / Korea Selatan / Jepang) TOUR DOMESTIK : Danau Toba - Jakarta Kepulauan Seribu - Bogor Bandung - Semarang Karimun Jawa - Yogyakarta Solo - Surabaya Malang Bromo - Bali Lombok - Bunaken Manado - Raja Ampat TIKET BLOCK SEAT UMROH HAJI PLUS & GROUP : Tiket Block Seat Umroh - Haji Plus Furodah - Group Tour PENGURUSAN VISA LUAR NEGERI Visa Luar Negeri : Amerika - Australia - Brazil - Cina - Inggris - Irlandia - Italia - Jepang - Jerman - Korea Selatan - Mesir - Norwegia - Rusia - Schengen - Spanyol - Taiwan PENGURUSAN PASPOR Paspor LAND ARRANGEMENT : Umroh TIKET BLOCK SEAT UMROH HAJI GROUP FIT BOOKING SEAT : Garuda Indonesia - GA / Saudi Airlines - SV / Emirates Airline - EK / Etihad Airways - EY / Srilankan Airlines - UL / Turkish Airlines - TK / Lion Air - JT / Malaysia Airlines - MH / Air Asia - AK / Oman Air - WY / Philippine Airlines - PR / Citilink - QG / Scoot - TR / Qatar Airways - QR / Royal Jordanian - RJ  OLEH-OLEH HAJI & UMROH / TIMUR TENGAH : Air Zamzam - Kurma Arab - Kacang Arab - Tasbih Kokka - Peci Arab - Sajadah Arab - Kismis Arab - Minyak Zaitun - Gamis Pria - Abaya Wanita - Coklat Arab - Papyrus Arab - Alat Shisha - Pashmina Arab - Aksesoris Arab - Tas Arab - Hajar Jahannam - Buah Tin - Madu Arab - Oleh Lainnya MEDIATOR KULIAH LUAR NEGERI Sudan - Pakistan - Mesir - Maroko - Lebanon - Qatar - Arab Saudi - Tunisia - Turki - Yaman BIMBINGAN BELAJAR KE TIMUR TENGAH Sudan - Pakistan - Mesir - Maroko - Lebanon - Qatar - Arab Saudi - Tunisia - Turki - Yaman BIMBINGAN BELAJAR MASUK GONTOR Putra - Putri CONTOH SOAL UJIAN TES SELEKSI PENERIMAAN BEASISWA KULIAH TIMUR TENGAH (AL AZHAR MESIR, SUDAN, LEBANON & MAROKO) : Tahun 2010 - Tahun 2011 - Tahun 2012 - Tahun 2014 - Tahun 2015 - Tahun 2016 - Tahun 2017 BELAJAR ILMU KEISLAMAN : Rumah Tahfidz - Ilmu Keislaman - Kursus Bahasa Arab

##########
Share this article :
 
Support : INDONESIANA GROUP Copyright © 2018. Indonesiana Center - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger